BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 07 Januari 2010

DURIAN MONTHONG!!

Nyaamm,,!!
adhem rasanya denger orang nyebut durian monthong. Aku emang penggemar berat durian monthong. Sebenarnya sih apapun lah jenisanya durian, asal manis dan berasa durenny!(ya iyalahh,,)..cuma pada suatu saat, mamaku beli buanyak banget duren monthong, dan aku ikut mbantuin nih!(ngabisin),,ya Tuhann,,enak banget!!manis dan tuebel banget dagingnya!(kayak akuu) ah, dasar primaadona!mau orang apa duren sama aja!manis dan berdaging tebal. hahaha!!apaan si loo..
kelebihan duren monthong inilah yang membuat durian ini banyak penggemarnya. Coba amati kalo kita pergi ke GIANT, INDOGROSIR, DIAMOND, HYPERMART, atau swalayan2 besar lain, mereka pasti menyediakan durian monthong di stand buah2 dan sayuran. Ada yg masih sekulitnya, alias belum dikupas,,ada yang udah dikupasin dan ditaruh di steroform. Dan jarang banget deh ada swalayan yang jual duren2 biasa (biasanya dipinggir jalan). Bukan bermaksud melecehkan duren lokal, hanya saja nih nunjukin kalo duren monthong emang menempati tempat tersendiri di hati orang2,,alias spesial punya!!

omong2 nih, duren monthong jadi hobi kite2 nih! (kel. pak wahyudi..=D). seminggu 3 kali deh kita pasti santap duren. Biasanya yang milih mamah,,mama yg ngerti tuh gimana cara milihnya. Cuman, akhir2 ini karena aku sibuk sering diluar rumah, makanya aku jadi suka jajan duren sendiri. Dimakan bareng2 ma si mas asik bangett euyy..awalnya waktu itu aku lagi di klaten. Cuma waktu mau berangkat dari Jogja, ku ngerasa pengen banger mam duren,,yah terpaksalah aku mampir GIANT (deket rumah) buat beli duren. Nekat aja walaupun gak tau gimana cara milihnya..Pakek insting nih, stelah sampek di klaten, ku makan dan ternyata rasanya gak terlalu manis. Ga semanis diriku! Loo,,bukan gitu,,gak semanis yg dibeli mamah,,yah yah yah yah yaaaaaahhhh.....>_<
tapi gak papa, aku pantang menyerah
episode dua, waktu itu ada asrama pelajar liburan di Mulungan. Waahh,,pulang kampus nih enak banget mam duren dulu sebeluim asrama (hehe,,jgn bilang sapa2),,aku mampir INDOGROSIR. saat itu benar2 ku gunakan insting kelaparanku untuk memilih duren yg enak,,dari perabaan dengan jari dan dari baunya (u/ duren yg sudah dikuliti, diambil buahnya saja)..waaahh,,rupanya aku dapet duren spesial!! Enak banget!!
dan dan dan..
kucoba lagi teknik pemilihan ku itu untuk membeli duren2 selanjutnya. Dan hasilnya tetap JITU!!

oke,,dengan banggga aku ikrarkan bahwa AKU SUDAH PANDAI MEMBELI DUREN, MAMMAAHH.....!!!!!!

untuk duren yg sudah dikuliti
1. Saat perabaan dengan jari telunjuk dan jari tengah, rasakan empuknya. Daging yg lezat adalah yg empuk, kenyal, tidak keras/akas, tapi tidak berair (jika di miringkan tidak mengalirkan air)
Jika mengalirkan air, berarti duren terlalu mateng, atau malah dah mau bosok. Gak enak (coba aja).
2. Saat dibau, harumya benar2 harum duren. Jangan ada tengik2nya, atau bau2 yang aneh lainnya. Bau nya harus menunjukkan bau manisnya duren (tau kan kayak apaa)..sekedar info aja, bau duren sangat menggambarkan kemanisan dari duren tersebut
3. Warna dagingnya harus kuning ceria, bukan kuning kusam (terlalu muda atau banyak putih2nya) biasanya yg muda sepoo..

gitu aja deh kayaknyaa,,
gak sulit kok,,apalagi klo pakek insting kelaparan kitaa!!haha!!
selamat mencoba!!
q juga mau santap duren nih, udah ditangan...!!hehe

0 komentar: